December 8, 2009

APA ITU BLOG?

Apakah yang disebut dengan Blog? Apa kelebihan Blog? Apa bedanya Blog dengan Website? Mungkin beberapa orang diantara kita (yang belum tahu tentunya) sempat terlintas pertanyaan-pertanyaan tersebut, seperti halnya saya sebelum mengenal Blog. Ketidakmengertian ini sering kali membuat seseorang menganggap bahwa membuat sebuah Blog adalah sesuatu yang tidak mudah dan perlu keahlian.

Pada kesempatan ini saya ingin sedikit memberikan gambaran tentang apa itu Blog. Mungkin tiap-tiap orang mempunyai gambaran tentang blog yang berbeda-beda menurut pengertian dan fungsi masing-masing bagi mereka. Disini saya akan memberikan gambaran mendasar tentang sebuah Blog yang berkaitan dengan sebuah website.

Jadi apa itu Blog? Blog pada dasarnya adalah sebuah website. dan memang sebuah website, Namun Blog mempunyai sedikit perbedaan dengan website pada umumnya yang menjadikan blog mempunyai karakter tersendiri. Keunikan ini yang menjadikan blog lebih dikenal sebagai Blog daripada sebagai website.

Karakter-karakter yang memberikan kelebihan pada blog adalah:
  1. Sistem publikasi otomatis yang menampilkan artikel terakhir ditempatkan pada urutan paling atas. dan saling terhubung antara halaman satu dengan yang lainnya. sistem ini memberikan efek hirarki pada struktur blog meskipun terjadi perubahan atau penambahan artikel-artikel terbaru. ini akan memberikan efek menguntungkan pada search engine.
  2. Blog Sangat dinamis. website lebih cenderung statis meskipun website umum sudah ada fitur CMS tapi itu masih belum dianggap mudah untuk seorang yang awam. Satu kelebihan dari blog yaitu kemudahannya untuk membuat konten blog meskipun untuk orang awam sekalipun. semuanya sudah diatur dengan fitur-fitur otomatis yang dibuat oleh penyedia layanan blog. sehingga mengisi konten blog hanya diperlukan keahlian dalam mengetik saja. karena tujuan awalnya Blog hanyalah sebuah media sederhana untuk seseorang menumpahkan isi dikepala atau bisa dikatakan diary yang di publishkan, sebagai luapan ekspresi dari pemilik blog, namun karena kemudahan dan kelebihannya kini Blog dapat menjadi suatu yang sangat marketable dan bisa sangat menguntungkan secara financial. ini dikarenakan blog sudah tidak lagi hanya menjadi sebuah diary online, akan tetapi sebuah media untuk menampilkan ide-ide dan nilai-nilai menjual dalam kerangka bisnis. Kemudahan membuat konten ini menjadikan blog selalu terupdate. berbeda dengan website yang umumnya statis dan jarang terjadi perubahan. hal ini menjadikan blog lagi-lagi mendapat perhatian yang lebih dari search engine.
  3. Blog sangat komunikatif. sifat dasar dari blog sebagai diary atau media komunikasi antar personal yaitu adanya fitur untuk meninggalkan komentar bagi para pengunjung sebagai respon dari tulisan atau artikel pemilik blog. ini menjadikan blog sebagai media komunikasi dua arah yang sangat dinamis. situasi ini membuat pengunjung dan pemilik blog merasa mempunyai ikatan yang membuat mereka akan terus saling berkomunikasi. efek dari hal tersebut adalah terciptanya audiens dan traffik yang kontinyu.
Dari ketiga karakter blog tersebut tidaklah heran jika blog sekarang begitu populer sebagai media untuk membangun sebuah komunikasi yang natural untuk mendatangkan traffik yang sangat menguntungkan untuk sebuah bisnis.

No comments:

DAFTAR POSTINGAN TERBARU